Artikel

RAMUAN ALAMI UNTUK MENUMBUHKN BULU DADA DAN RAMBUT


Fakta –Fakta Mengenai Rambut Manusia
Rambut tumbuh melalui lubang-lubang kecil yang ada di kulit yang bernama folikel. Melalui lobang tersebutlah rambut tumbuh panjang dan melewati kelenjar minyak yang berada di permukaan kulit. Pada manusia, terdapat lebih kurang 5 juta folikel mencakup ke seluruh bagian tubuh manusia.

Pada bagian kepala terdapat sekitar 100.000 folikel untuk bisa menumbuhkan rambut. Dan dari sekian banyaknya folikel, ternyata tidak semuanya bisa menumbuhkan rambut dalam waktu bersamaan.  Sebagian folikel masih dalam tahapan baru memulai, dan sebagian yang lain ada yang sudah menyelesaikan tugasnya dalam menumbuhkan rambut.

Menurut perkiraan, rambut manusia bisa tumbuh 0,35 mm perhari. Nah walaupun rambut dikatakan sebagai salah satu bagian yang paling cepat berkembang, namun tetap membutuhkan waktu yang tidak sedikit menunggu rambut sampai panjang.

Beberapa orang mencoba berbagai cara memanjangkan rambut dikarenakan tidak mau menunggu waktu yang lama. Ada yang mencoba dengan cara instan seperti menggunakan hair extension, adapula yang mencoba menggunakan berbagai macam produk untuk memanjangkan rambut dengan cepat.


Tak banyak yang menyadari bahwa biasanya wanita sangat suka sekali dengan bulu-bulu halus yang tumbuh pada tubuh pria semisal kumis, janggut, bulu dada dan perut. Para wanita biasanya menyukai para pria dengan banyak bulu halusnya (yang penting tidak brewokan gitu) terutama di bagian cambang dan dada.

Hal ini rupanya beralasan dimana penyebab dari tumbuhnya rambut-rambut halus tersebut dikarenakan tingginya kadar hormon testosteron pada pria yang berfungsi sebagai hormon yang bisa membangkitkan seksualitas pria. Tak heran jika para wanita menyukai para pria seperti itu yang tentu saja dianggap memiliki libido dan hormon yang cukup bisa memuaskan. Selain bahwa, banyak pria yang tampil atau kelihatan seksi di mata wanita.

Nah, masalahnya, tidak semua pria memiliki hormon testosteron yang cukup untuk menumbuhkan rambut halus tersebut. Untuk itu, dari hasil surving di internet dan media cetak, saya kemudian merangkum beberapa cara baik itu alami maupun kimiawi tentang cara menumbuhkan rambut halus seperti kumis, janggut, cambang, bulu dada, perut, paha dan kaki.

9. CARA MENUMBUHKAN RAMBUT HALUS, BULU DADA, JANGGUT, CAMBANG, KUMIS DAN PERUT 

 1. Minyak Kemiri
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi_qmUr9OTf6yQOJXEXb4H6L6FLluTrQ022C1wTc0yebEpCQ-6EEgd1gfJb5WiWE-aLO0enj3Pg6kZuhYTU0jOE9Z3_62XpeC-5biDM3PseLxV9cmdhtnb80ivo6d5cbyuNuCdsQFa7FIc/s200/HAIRYBEAST125.jpg 
Diurutan nomor satu yang paling banyak direkomendasikan adalah penggunakan minyak kemiri. Selain karena berbahan alami dan natural, minyak kemiri juga sangat mudah didapatkan, bahkan dibuat sendiri. Berikut cara membuatnya dan pakainya.

v  Cara Membuat dan Cara Pakai:
Ambil kemiri secukupnya, keluarkan isinya. (itu jika kemirinya baru diambil dari pohon dan belum dibuka, soalnya di pasar banyak kemiri yang udah dibuka kok). Bakar kemiri kurang lebih 3 menit. Kemudian peras kemiri sampai keluar minyak kemirinya, nah minyak itulah yang katanya bisa merangsang pertumbuhan jambang kita. Gunakan 1 atau 2 kali sehari, diamkan selama 30 menit sebelum dibilas.

 2. Margarin atau Mentega
  
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiVgYOEiUOIaom8ezqXSlYkATpwq0kNBw_sxforg-0vQx1lIHurESEbOd9YLwiyffh-Z8guuUBywAc1QisnxrzYE0CkdTuAyy5BT4SB0Yt6h5cDSzfWONleh7IqLJOsHBQuNKAh-7ad5C4/s1600/bulu+dada.jpgDi posisi kedua bahan untuk menumbuhkan bulu halus seperti jenggot, cambang, kumis, bulu dada dan perut, ada margarine atau mentega. Sejak dahulu margarine dipercayai dapat merangsang pertumbuhan rambut halus (bukan rambut kepala), dan saya pun sudah membuktikannya. Selain karena mudah didapat di dapur, juga tidak terlalu repot untuk membuatnya seperti kemiri. Gunakan sesudah mandi.

3. Minoxidil
Minoxidil adalah obat-obatan kimia yang biasa di pakai aktor di amerika untuk menumbuhkan rambut halus mereka. Hanya saja bahwa bahan ini memiliki efek samping, sama halnya dengan obat-obatan kimia lainnya. Minoxidil biasanya tersedia di apotik-apotik besar. Untuk pemakaiannya,  tuang cairan minoxidil ke piring, untuk mengolesnya jangan lupa menggunakan sarung tangan berbahan plastik karet tak tembus. Efek samping dari penggunaan Minoxidil adalah tekanan darah menurun, insomnia dan perasaan gelisah.

4. Telur udang
Bahan alami lainnya adalah penggunaan telur udang. Caranya, olesin lendir telur udang ke bagian yang ingin ditumbuhi rambut lebih baik ambil telur udang yang masih menempel di udang. Gunakan 1 kali sehari 4 jam sebelum tidur. efeknya mulai terlihat tumbuh tebal 1-2 minggu kalau rutin.

5. Daun Urang-aring
sobek daun urang aring lalu oleskan cairan yang keluar dari daun tersebut ketubuh yang ingin di tumbuhi rambut.

6. Tarantula
Selain ada cara alami, ada juga cara ekstrim, maksudnya bahannya. Walau caranya paling sulit, namun hasilnya paling tercepat. Caranya, bakar laba-laba tarantula hinga hangus dan ambil minyaknya dan olesi ke bagian yang ingin ditumbuhi rambut. Gunakan sekali sehari sebelum tidur. Menurut testimoni, 5 hari pemakaian teratur sudah bisa nampak hasilnya. Demikian cara-cara menumbuhkan bulu halus yang sempat saya rangkum, jika sobat punya cara atau ide lainnya, silahkan share di sini.

7. Daun Sawi dan Minyak Amla
Bukan hanya untuk dibuat sayuran saja, ternyata daun sawi pun bisa digunakan untuk menumbuhkan rambut di dada. Caranya dengan blender daun sawi satu lembar dan minyak amla 60 ml sampai menjadi pasta. Oleskan ke dada, lalu tunggu minimal setengah jam sebelum dibilas. Untuk manfaat daun – daunan lainnya, ada manfaat daun jambu biji untuk wajah dan manfaat daun kemuning untuk wajah.
8. Kayu Manis dan Jeruk Nipis
Menumbuhkan bulu dada bisa diusahakan dengan campuran kayu manis dan jeruk nipis. Siapkan satu makan bubuk kayu manis dengan dua sendok makan perasan jeruk nipis. Oleskan ke dada lalu tunggu setengah jam sebelum di bilas. Selain bermanfaat untuk pertumbuhan rambut di dada, ada pula manfaat bubuk kayu manis untuk wajah dan manfaat jeruk nipis untuk rambut.
9. Manfaat mentega lebih dikenal untuk cara menumbuhkan jambang secara alami. Karena itu, jika bisa digunakan untuk menumbuhkan jambang berarti bisa juga digunakan untuk menumbuhkan bulu dada. Lelehkan mentega secukupnya lalu tunggu sampai dingin, kemudian oleskan ke dada. Biarkan beberapa menit lalu bilas. Ada pula manfaat mentega untuk alis, yang khasiatnya sama yaitu menumbuhkan alis.
Sumber :http://mens-womens-rubrics.blogspot.com/2013/05/6-cara-menumbuhkan-rambut-halus-bulu.html
Bahan Alami untuk Menyuburkan Rambut
Description: bahan alami untuk menyuburkan rambut - lidah buaya 
Sumber gambar: Pixabay

1. Lidah Buaya
Lidah buaya sudah terkenal sebagai bahan alami penyubur rambut ampuh. Bahan alami untuk merawat rambut ini memiliki kandungan tonik yang akan menyuburkan serta menutrisi rambut hinggak kebagian akarnya. Toppers cukup menggunakan bagian daging dan lendir lidah biaya pada kulit kepala sembari dipijat. Diamkan selama beberapa saat sampai nutrisi dari bahan alami penyubur rambut ini menyerap sampai ke akar rambut setelah itu bilas dan keramas rambut. Lakukan perawatan rambut dengan lidah buaya ini dua hingga tiga kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

2. Kemiri
Bahan alami penyubur rambut selanjutnya adalah kemiri. Minyak kemiri mengandung berbagai zat asam, lemak, dan juga vitamin B yang baik untuk menutrisi rambut. Minyak dari bahan alami kemiri bisa memperbaiki dan memperkuat akar rambut. Gunakan minyak kemiri sebagai masker rambut atau bahan untuk creambath alami untuk mendapatkan khasiat dari bahan alami penguat akar rambut.

3. Zaitun
Selain kemiri, minyak lainnya yang terkenal sebagai bahan alami untuk menyuburkan rambut adalah minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung Biotin, Niacin, Vitamin E dan D yang bisa merawat rambut agar tidak mudah rontok dan jadi lebih subur. Cara menggunakan bahan alami penyubur rambut ini juga mudah. Cukup pijat kepala menggunakan lima tetes minyak zaitun setelah keramas. Diamkan selamanan dan bilas pada pagi harinya.

4. Santan
Santan adalah bahan alami untuk merawat rambut yang kaya akan protein. Bahan alami penyubur rambut ini nggak cuma membuat rambut jadi tumbuh lebih cepat, tapi juga lembut yang lebih berkilau. Cukup oleskan bahan penyubur rambut alami ini pada kulit kepala dan rambut. Bungkus dengan rambut dengan handuk hangat dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas rambut dengan air dingin.

5. Seledri
Nggak cuma sebagai pelengkap bahan makanan, ternyata kandungan dalam seledri bermanfaat untuk menyuburkan rambut! Bahan alami penyubur rambut ini mengandung kalsium,  zat besi, natrium, vitamin A dan B yang akan merangsang pertumbuhan rambut agar lebih sehat, kuat dan berkilau.
Description: bahan alami untuk menyuburkan rambut - madu 
Sumber gambar: Pixabay

6. Madu
Jika kamu ingin menyuburkan rambut secara alami, madu murni bisa membantumu. Madu mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti kalsium, vitamin E, vitamin C, serta vitamin A yang akan menutrisi rambut sehingga menjadi subur. Untuk memanfaatkan bahan alami penyubur rambut ini adalah dengan mengoleskannya pada rambut layaknya masker rambut dan diamkan selama 20-30 menit.

7. Bawang Merah
Kadang masalah tak suburnya rambut memicu rontoknya rambut. Untuk memperkuat rambut, bahan alami yang bisa kamu gunakan adalah bawang merah. Cukup peras cincangan bawang merah hingga kamu mendapatkan sarinya. Sari bawang merah ini bisa kamu oleskan pada kulit kepala dan pijat. Diamkan selama beberapa saat sebelum dibilas dan dikeramas.

8. Bayam
Bahan penyubur rambut alami selanjutnya adalah sayur bayan yang memiliki vitami dan mineral. Bayam memang terkenal sebagi makanan yang sehat, tak hanya buat tubuh, tapi juga buat perawatan rambut. Toppers cukup tumbuh segenggam bayam sampai halus dan campurkan dengan air matang sedikit. Campurkan dengan sesendok madu. Saring ramuan ini dan minum airnya sebanyak 3 kali setiap harinya untuk menyuburkan rambut.

9. Kulit Apel
Siapa sangka kulit apel yang biasanya kita buang ternyata berkhasiat sebagai bahan alami penyubur rambut. Vitamin dasar yang terdapat pada kulit apel bisa meningkatkan sirkulasi dasar ke kulit kepala yang akan menyuburkan pertumbuhan rambut. Cara menggunakan bahan alami penyubur rambut ini adalah dengan mengoleskan kulit apel yang sudah dihaluskan dan diamkan beberapa saat. Setelelah itu bilas rambutmu.

10. Minyak Jarak
Untuk yang memiliki masalah rambut tipis atau rambut rontok, perawatan rambut dengan bahan alami minyak Jarak bisa jadi solusi. Cukup pijatkan beberapa tetes minyak jarak pada seluruh bagian rambut dan kulit kepaa dan diamkan selama satu jam. Bilas dan keramas rambut setelah nutrisi dari bahan alami penyubur rambut ini menyerap sempurna. Lakukan hal ini selama dua kali seminggu untuk mendapatkan rambut subur, kuat, dan lebih tebal.

Description: bahan alami penyubur rambut - gossberry 
Sumber gambar: Wikipedia
11. Goosberry India
Bahan penyubur rambut alami satu ini mungkin nggak sepopuler bahan alami penyubur rambut lainnya. Tapi, Gooseberry India kaya akan antioksidan dan vitamin C yang baik untuk rambutmu. memang tak banyak yang tahu karena bahan ini meski alami tentu masih jarang terdengar. 

Hanya saja, sebagai solusi rambut rontok memang bahan ini betul-betul luar biasa. Gooseberry juha mampu membunuh bakteri dan membasmi radikal bebas yang ada di kulit kepala. Cara penggunaan bahan penyubur rambut alami ini adalah dengan mencampurkannya dengan jus lemon dan minyak kelapa dengan cara diblender. Campuran inilah yang bisa kamu gunakan sebagai masker rambut untuk membuat rambut jadi subur.

12. Minyak Kelapa
Seperti minyak lainnya yang sudah dibahas, minyak kelapa juga merupakan bahan alami penyubur rambut yang bisa kamu coba sebagai solusi rambut rontok. Cukup gunakan minyak kelapa kepada kulit kepala dan pijat perlahan. Diamkan selama sesaat dan bilas rambut sampai bersih. Bahan alami penyubur rambut ini juga baik untuk kamu yang memiliki masalah rambut kering, lho!

13. Yoghurt
Nggak cuma memperlancar sistem pencernaan, yoghurt ternyata juga bisa dijadikan sebagai bahan penyubur rambut yang mujarab. Campurkan yoghurt dengan madu dan lemon atau bahan penyubur rambut alami lainnya dan gunakan sebagai masker atau untuk creambath. Dengan begitu rambut akan jadi lebih subur dan kuat.
14. Alpukat
Penyubur rambut alami selanjutnya adalah buah alpukan yang lezat. Alpukan memang memiliki banyak khasiat sebagai bahan perawatan kecantikan

Selain bisa menghaluskan kulit, alpukat juga bisa menyuburkan rambut dan menjaga warna hitam alami pada rambut. Toppers cukup gunakan buah alpukat yang sudah dihaluskan sebagai masker rambut dan bungkus rambut dengan handuk hangat hingga nutrisi pada bahan alami ini menyerap. Mudah, bukan?

15. Air Teh
Suka minum teh? Jangan buang sisa air teh atau daun teh yang sudah nggak terpakai karena bahan alami ini ternyata bisa berkhasiat sebagai penyubur rambut alami, lho! Gunakan air atau daun teh yang sudah kamu diamkan semalaman untuk keramas agar rambut jadi lebih subur dan sehat.

16. Ketumbar
Bukan sekedar bumbu dapur saja, ketumbar yang ditumbBiji ketumbar ditumbuk hingga halus lalu campurkan ke minyak rambut yang biasa dipakai. Biji ketumbar merangsang pertumbuhan rambut. Selain cara di atas juga bisa dengan cara mencampurkan ke dalam makanan sebagai bumbu masakan.

17. Daun Mangkok dan Daun Pandan
Banyak sekali bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk merawat dan menyuburkan rambut. Salah satunya daun mangkok dan daun pandan. Haluskan daun ini dengan air dan gunakan cairannya pada kulit kepala. Pijat perlahan dan diamkan sesaat sebelum keramas.
Description: bahan alami penyubur rambut - semangka 
Sumber gambar: Pixabay

18. Semangka
Nggak cuma menyegarkan, buah semangka ternyata berkhasiat sebagai bahan alami untuk menyuburkan rambut. Manfaatkan berbagai kandungan vitamin buah semangka dengan menggosokkan kulit buah semangka yang masih ada sedikit dagingnya. 

Biarkan semalaman dan keramas rambut keesokkan harinya. Lakukan rutinitas perawatan rambut ini sekali selama seminggu untuk hasil rambut subur yang maksimal.

19. Oatmeal
Oatmeal terkenal sebagai makanan dengan kehebatannya dalam menurunkan kolesterol. Namun, oatmeal juga bisa menjadi bahan penyubur rambut alami lho! Nggak cuma mengurangi kerontokan, bahan penyubur rambut ini juga bisa mengatasi masalah ketombe pada kulit kepala.

 Gunakan campuran oatmeal, susu, dan minyak almond sebagai bahan masker rambut dan gunakan seperti masker rambut pada umumnya.

20. Bunga Sepatu
Nggak cuma sebagai tanaman hias, bunga sepatu juga bisa digunakan sebagai bahan alami penyubur rambut. Rebus bunga sepatu dan gunakan air rebusannya sebagai masker rambut.

 Untuk hasil lebih maksimal, campurkan rebusan bunga sepatu dengan bahan penyubur rambut alami lainnya seperti minyak zaitun atau madu.

21. Telur
Telur mengandung banyak protein, yang nggak cuma baik untuk dikonsumsi tapi juga untuk merawat kesehatan rambutmu. Buatlah masker rambut dari telur yang dicampurkan dengan madu serta minyak zaitun untuk mendapatkan masker rambut alami yang dapat menyuburkan rambutmu.

22. Biji Pepaya
Untuk rambut subur dan hitam berkilau sempurna, biji pepaya bisa kamu jadikan bahan alami penyubur rambut. Sangrai biji pepaya dan haluskan. Campurkan dengan minyak kelapa (atau minyak kemiri, zaitun, dan almond) sebelum kamu oleskan pada seluruh rambut dan pijat perlahan.
Description: bahan alami penyubur rambut - pisang 
Sumber gambar: Pixabay
23. Pisang
Pisang adalah buah yang mengandung banyak nutrisi kalium, vitamin C, A dan E yang baik untuk kesehatan dan kesuburan rambut. Cara menggunakan bahan alami untuk menyuburkan rambut ini juga terbilang muda. Cukup blender pisang dengan minyak kelapa, madu murni, dan bisa juga dicampurkan bahan penyubur rambut alami lainnya sebelum kamu gunakan untuk creambath.

24. Almond
Satu lagi minyak alami yang berkhasiat sebagai bahan alami untuk menyuburkan rambut adalah minyal Almond. Nggak perlu bingung karena penggunaannya serupa layaknya minyak lainnya. Minyak almond juga bisa jadi bahan campuran masker rambut alami bersama dengan bahan alami penyubur rambut lainnya.

25. Jinten
Jinten merupaka salah satu bumbu dapur yang berkhasiat sebagai bahan penyubur rambut alami. Cukup rebus jinten dan campurkan air rebusannya dengan kuning telur sebelum dioleskan pada kulit kepala. Campuran rebusan jinten ini berkhasiat merangsang kesuburan rambut dan menghilangkan ketombe pada kulit kepala.

26. Strawberry
Bahan alami penyubur rambut lainnya adalah buah strawberry yang kaya vitamin C dan antioksidan alami. Kandungan ini akan membantu mengatur pH dan mengontrol produksi minyak berlebih di kulit kepala.

 Cukup gunakan jus strawberry segar alami dan campurkan dengan madu dan minyak kepala sebelum dioleskan pada kulit kepala. Diamkan selama beberapa menit sebelum keramas. Dengan begitu rambutmu akan lebih subur dna sehat.

Menyuburkan rambut ternyata nggak sulit, bukan? Hanya bermodalkan bahan-bahan alami penyubur rambut, Toppers sudah bisa mendapatkan rambut yang sehat dan subur. 

Untuk hasil lebih maksimal gunakan juga berbagai produk perawatan rambut yang bisa kamu dapat dengan mudah di Tokopedia!.

Bahan Alami untuk Menyuburkan Rambut
  1. Lidah Buaya. Lidah buaya sudah terkenal sebagai bahan alami penyubur rambut ampuh. ...
  2. Kemiri. Bahan alami penyubur rambut selanjutnya adalah kemiri. ...
  3. Zaitun. Selain kemiri, minyak lainnya yang terkenal sebagai bahan alami untuk menyuburkan rambut adalah minyak zaitun. ...
  4. Santan. ...
  5. Seledri. ...
  6. Madu. ...
  7. Bawang Merah. ...
  8. Bayam.

About yerino Madai

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.