Artikel

DESKRIPTIF, NAMA APOGO TEKEIPU YUPI DOKOUWOO (DISTRIK TIGI TIMUR/ DISTRIK TIGI BAGIAN TIMUR) DI KAB DEIYAI

apogo
            Dibawah ini adalah sebuah cerita yang saya pernah dengar sejak saya usia kira-kira 8 tahun pada waktu itu.  Tahun itu pula saya berada  bangku SD kelas Tiga di Watiyai.
Yang saya deskripsikan disini adalah berdasarkan ceritera dari orang tua di Apogo Tekeipu atau Yupidokouwo. Apogo tekeipu ini lahir dari teori orangtua mereka sendiri di apogo/tekeipu. dan  disini saya memberikan penggambaran tentang apogo tekeipu, yang berdasarkan ungkapan mereka untuk sebagai alat mengolah fakta-faktanya. apakah apogo tekeipu adalah nama lain dari yupidokouwo.
Cerita mengenai Apogo Tekeipu atau Yupidokouwo adalah sebuah nama yang tidak biasa  di ungkap oleh kebanyakan orang yang hidup dan mendiami di Apogo dan sekitarnya. Maka musti saat ini pula semoga sebagian orang mengenal melalui tulisan ini mengenai Apogo Tekeipu/Yupidokouwo.
 Nama Apogo Tekeipu itu pun juga faam yang ada di Apogo mereka sendiri pun tidak tahu, apa lagi faam yang dilur adari daerah Apogo, dan juga,  Apalagi orang yang hidup dan besar dari luar apogo musti mereka tidak tahu, dan tahu  pun sebatas saja katanya!.
Masyarakat dari Apago pada umumnya belum tahu tentang nama  Apogo, dan tetapi sementara Nama Tekeipu itu  tauh, maka dua kata Apogo dan Tekeipu Tak Terpisah. dan juga sebaliknya sebagian orang kata tekeipu tahu Sementara Apogo Tidak Tahu, itu adalah kekeliruan yang sering alami oleh masyarakat Apogo pada umumnya terhadap, Nama APOGO TEKEIPU (Yupidokouwo).
Maka dengan itu, disini saya tadi lebih dahulu memaparkan mengenai faam diluar dari apogo tidak tahu tentang Nama yang sebenarnya yaitu: “Apogo Tekeipu”, dan Cuma Tahu Yupidokouwo Atau yang Sebaliknya ”.  Ketidak tahuan ini kita akan dipengaruhi dalam kehidupan kita sehari-hari. Jejag  hidup kita tidak mungkin akan hilang dan terbawa oleh arus maka itu kita tahu nama yang sebenarnya.
Misalnya orang menanyakan kita,  Apogo Tekeipu itu bagian mana? Jika tidak tahu musti kita tidak jawab pertanyaan sepele ini,  padahal kita asli Apaogo Tekeipu, begitu juga dengan Orang Menanyakan YUPIDOKOUWO itu bagian mana?. Jika tahu kita pasti jawab berdasarkan perbatasan di daerah Yupidokouwo, sehingga penanya bisa mengerti tetapi, Sayangnya orang Asli Distrik Tigi Timur Tetapi Tidak Tahu Nama Apogo Tekeipu/ Yupidokouwo dan Batas-batasnya. melihat fakta-fakta ini maka disini lebih jauh membahas mengenai arti nama Yupidokouwo/ tekeipu dan dari perbatasan ke perbatasan dan dari marga ke marga.
Topik diatas, kata Yupidokouwo itu sendiri juga mempunyai pengertian khusus dari bahasa Mee pedalaman Pegunungan Papua yaitu Yupi atau Eyupida yang berarti  antara batasan-batasan atau satu wilayah dengan wilayah lain, itu namanya Yupi atau eyupida, atau kotak-kotakkan, atau sering disebut dengan (Yupi) atau pun makna lainnya maka topik diatas muncul kata YUPIDOKOUWO berarti sebuah wilayah yang telah terbatas oleh alam raya/ yang telah terukir dari Alam itu sendiri dan atau pun membatasi dari bentuk lainya.
Sebelum melanhkah ke pengertian perbatasan wilayah, kita lebih memahami dan memberikan pengertian dari TEKEIPU karena walupun satu topik, tetapi tiga kata yang muncul dan pengertian maknanya berbeda, Tekeipu juga memiliki pengertian tersendiri Yupidokouwo juga penegrtian tersendiri begitu pun Apogo juga pegertian tersendiri, maka kita tidak boleh terlupakan satu dengan yang lainya.
Apogo adalah kata dasarnya Apo, dan  Go maknanya lain pula. Apo merupakan bahasa Mee dan bahasa indonesianya Apo artinya kayu atau benda tajam yang telah masuk di tubuh kita (manusia). Go artinya Jembatan yang terbuat dari Rotan.
 Tekeipu itu dalam Bahasa Mee, sementara bahasa indonesianya salah satu Tumbuhan,  Tekeipu adalah Tumbuhan rumput yang biasanya ditumbuh didepan rumah dan sekitarnya, akan tetapi rumput tekeipu ini dia tidak bisah di tumbuh dan hidup tempat tempat yang jauh dari rumah atau rumput yang tidak bisa hidup jauh dari permukiman. Bentuk tumbuhannya  adalah tumbuhan yang kecil dan akar seraput.

Faam Yang Mendiami Di Daerah Apogo Tekeipu/Yupidokouwo
            Wilayah distrik Tigi Timur (Distrik Tigi Bagian Timur) distrik Apogo Tekeipu/ Yupidokouwo adalah terdiri dari 4 faam yang besar dan yang mendiami di bagian Jalan Raya yaitu, faam Madai, Doo, Adii, Takimai dan di tambah 5 Faam (Apikopa) atau katalain peranakan dari keempat faam yaitu Mote, Tekege, Dogopiya, You dan Bunai. 
Sementara Apogo Ogeiye juga ada beberapa faam yaitu Kudiyai,  Edowai dan Apoga apikopanya atau peranakan dari ketiga faam ini adalah Pakage dan Dogopiya/Dogipiya ini berada di Ogeiye sering juga disebuat dengan di Bagian Waiyai/dibawah perut Gunung Waiyai.
Di bagian Timur Ogeiye Kopai, terdiri dari beberapa faam yang mendiami yaitu Bunai, Yumai, Magai, Makai, Dogopiya/Dogipiya,Yupi, Yatipai, Tameyai, Yine, dan faam lain yang mendiami di sekitar Kopai Idan Kopai II. Faam yang mendiami di daerah distrik apogo Tekeipu/ Yupidokouwo adalah terdiri dari 20-an faam yang mendiami di kecamatan Tigi Timur/distrik Tigi bagian Timur ini.

Batas Wilayah Berdasarkan Distrik 

            Batas batas wilayah di antara Apogo/ Tekeipu atau Yupidokouwo dengan kampung atau distrik sekitarnya, berdasarkan batas wilayah dengan ini telah dibatasi dari alam sendiri, dalam hal ini dari sejak terbentuknya alam Papua secara umum dan Apogo secara khusus.
Namun demikian disini juga saya akan mengupas sebagian dari perbatasan di antara apogo tekeipu atau Yupidokouwo dengan perbatasan daerah-daerah distrik dan kampung sekitarnya berdasarkan bentuk alam yang sering kita melihat dan pula kita jumpai.
 Dalam Suatu Masalah Orangtua Dari Apogo Biasa Sebut Bukit dan Gunung  Sebagai Penyelesaian Suatu Masalah Tersebut Sekaligus, Batas-batas Wilayah Dari Ujung ke Ujung di Distrik Tigi Timur, Maka Tulisan ini Saya Juga Memaparkan Gunung dan Bukit.  Sebagai Batas Wilayah Antara di Distrik Tigi Timur dan Distrik Sekitarnya.
  Disini saya akan mulai mengungkapkan berdasarkan fakta yang selama ini jalani melalui ungkapan suara manusia dari zaman ke zaman. Batas batas wilayah di Apogo Tekeipu dan Sekitarnya, dibatasi dengan bentuk-bentuk alam yang telah mengkotak - kotakkan satu sama lainnya di bumi Papua secara umum dan apogo tekeipu atau Yupiuwo secara khusus.
 Perbatasan  Apogo di Bagian Barat-Batas Dengan Kampung TIGIDOUW GIDA atau PERTIKAAN Atau Juga Sering Disebut Dengan GIYAIYOKA MEWAPA Sampai DAIYAI PUGA Lurus Menuju Perbatasan Distrik BOUWOBADO.
 Perbatasan Apogo tekeipu atau Yupidokouwo ini, di bagian selatan di batasi dengan Gunung, DEIYAI, YOTAIDA, MIYE, OTIKAI DIMI, TAKAPA DIMI, sampai menuju, IPOKE atau ufuk utara Gunung Adii dan bagian utara Gunung perbatasan Dengan Distrik Yatamo.
Perbatasan Yupidokouwo atau Apogo Tekeipu di Bagian Timur dibatasi dengan Bukit UDAKEBO atau sering disebut dengan UDA DIMI, YUNU, BOBA sampai  menuju Gunung IKIMEY atau Gunung DAGO atau sering disebut dengan ufuk TIMUR Gunung MADAI.
 Perbatasan Yupidokouwo atau Apogo Tekeipu di Bagian utara di batasi dengan Gunung BODIYA TAKA,  Kali KOPAI I, KOPAI II, KAITAKA,  sampai perbatasan Distrik BOUWOBADO.
Inilah batas-batas wilayang yang saya bisa memaparkan disini secara rinci dan tidak dirugikan satu Distrik dengan Distrik lainnya yang berada di Meeuwodide terutama pada Kabupaten Deiyai yang baru itu.
 Melihat kotak-kotakan di Deiyai dan wilayah Yupidokouwo ini sehingga muncurlah sebuah kesedihan di benak hati yang mendorong sehingga lahirlah sebua tulisan deskripsi ini renungan saya yang memunculkan  ide yang menyatakan distrik Tigi Timur memiliki wilayah yang luas dan keragaman hewan dan tumbuhan yang khas di Apogo Tekeipu atau Yupidokouwo itu sendiri. Sehingga  selalu menimpa kesedihan di balik batiniah yang tak bisah di gugat oleh siapa pun.
 Melalui tulisan ini saya mengungkap dengan satu suara yang sederhada berdasarkan faktanya, yang dimaksutkan disini adalah supaya orang mengenal secara lebih dalam dan bisa memahami sehingga mereka mengatakan kepada di distrik Tigi Timur bahawa, Nama selain dari distrik Tigi Timir tadalah Apogo Tekeipu/Yupidokouwo.
Satu suara yang yang menunjuhkan beberapa fakta baik itu dari perbatasan wilayah maupun kehidupan masyarakatnya di distrik  Tigi Timur?, melalui tulisan ini mereka bisa mengatakan daerah ini adalah daerah Apogo Tekeipu/Yupidokouwo.
           Apogo memiliki karasteristik yang khas. Yang dimaksut karasteristik yang khasnya adalah cara Bicara yang khas, cara bergaul yang khas berfikir yang khas pula, yaitu salah satunya, egoisme atau katalain (Apogo Tede) Perkataan ini memang begitu, tetapi satu suara yang  mengatakan saya juga memiliki wilayah yang luas, cara bergaul yang khas, dan begitu juga cara berbicara yang khas pula.
Daerah Distrik Tigi Timur Apogao atau Distrik Yupidokouwo ini berapit dengan beberapa gunung yaitu bagian timir Yunu, Boba, Ikimei, atau sering disebut Ufuk Timur Gunung Madai di ikuti dengan 35 bukit, yang lainnya dikuasai dengan rakyat setempat.
       Bagian selatan berapit dengan gunung yang tinggi dan bukit yang kita tidak bisa di hitung dengan jari, yaitu Gunung Waiyai, sampai Kaitaka, menuju Kopai I Kopai II dan sekitarnya, diantaranya dikuasai dengan masyarakat Apogo Ogeiye.
Bagian utara juga berapit dengan gunung Deiyai, Yotaida, Miye, Otikai dimi sampai Takapa dimi dan diikuti dengan 14 perbukitan dan diantaranya, dikuasi dengan masyarakat setempat di distrik Tigi Timur.
Di sekitar Gunung-gunung dan baukit-bukit Yang dikuasai oleh masyarakat Tigi Timur itu adalah guna untuk membangun rummah, beternak, berkebun /bercocok tanam di lahan kering. Bercocok tanam yang biasa dilakukan adalah kebanyakan orang mengelolah di dasar tanah kering.
            Tempat hiddup mereka pas-pasan dengan kondisi yang mereka impikan sehingga mereka hidup bertahan  bertahun-tahun di daerah itu. Perbukitan maupun pegunungan yang mereka miliki itu berkaitan dengan identitas mereka sehingga mereka tidak terlepas dari kehidupan teradisi setempat.  Inilah sebagaian penggambaran yang saya bisa ceritakan di distrik Tigi Timur itu sendiri, karena ini merupakan bagian dari hidup dan kehidupan masyarakat di Distrik Tigi Timur itu sendiri.

Pendeskripsi APOGO Oleh: Yerino Germanus Madai Kuliah STPMD Yogyakarta Asal Papua, Kabupaten Deiyai yang Bariu Mekarkan Oleh Kab Paniai itu,  dan Tepatnya,  Iya Asli Distrik Tigi Timur.

About yerino Madai

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.