Artikel

NOSTALGIA SAAT SMA YPPK Adhi Luhur Nabire


(Masuk Hutan Keluar Hutan 3y Bersaudara)

Oleh: Ye Ge Madai*

Pada suatu hari, setelah selesai Ujian Nasional (UN), kpalah sekolah SMA YPPK Adhi Luhur menyuruh 3y bahwa mencari akar pohon... Paku untuk pupuk pot bunga. Akar pohon Paku bisa ambil di depan rumah tetapi pergi masuk hutan di Nabire walaupun kami tidak tahu tumbuh pohon Paku bertumbuh dimana?. Masuk hutan kelur hutan 3y Nama yang jelsnya adalah Yermias Goo (Yebouwa), Yohanes You (Youubo),dan Yerino Germanus Madai (Ye Ge ma) tiga nama ini lambangkan 3y. 

Tiga bersaudara sebelum masuk Hutan mereka sipkan makanan berupa Ubi menta, Seekor ayam, Fantah, Rokok Umail dan Aguanab/Air Agua Nabire. 3y berangkat dari kota kira-kira jam 09.00 tiba di Hutan jam 11.300 perjalanan mereka setengah Jam. Sampai hutan mereka siapkan kayu dan pasang api besar-besaran di sebuah bukit yang jahu kira kira 2.km2 dari kota Nabire. 

Sebelum masak mereka doa spontan dan bunuh Ayam yang mereka bawa itu secara adat, kebiasaan/tradisi mereka Orang Papua Pegunungan, yang dipimpin oleh Yohanes You. (youbo) Doa yang dibawa oleh Yohanes adalah kebiasaan yang biasa pakai dalam kegiat seperti begitu. Kalau orang lain atau pembaca tuliasan ini menanyakan doa seperti bagimana kebiasaan atau adat istiadat itu? berarti tanyakanlah dirimi sendiri sebelum anda menanyakan kami bertiga karena Anda mempunyai identitas diri sendiri Walaupu Orang Pendatang . 

Kami bertiga biasanya lakukan se piring Nasi tiga mulut, sebotol agua tiga mulut, sebatang Rokok tiga mulut kami biasa lakukan seperti begini ini dengan demikian saya pikir orang lain tidak biasa lakukan. Alasan ini kami bertiga alaskan sehingga kami bertiga namanya tiga bersaudara dan lambangnya 3y ”Yohanas, Yermias dan Yerino germanus”. 

Kami bertiga membicarakan sesingkat ini pembaca mengetahui sehingga mereka juga meniru kehidupan kami Bertiga karena manusia adalah Zon polisizon manusia tidak bisa hidup sendiri-sendiri. Kami bertiga berada disaat SMA rasa sedih rasa sakit kami suda alami. Nostalgia saat SMA yang Kami lalui adalah kenangan awal dari kehidupan bertiga walaupun kami bertiga saat ini berbeda tempat,Daerah, Kampus, maupun Kota bahkan Negara. Kamu Dua berada di Negara Malanesia Papua Barat aku Berada di Indonesia Tetapi Hubungan Persaudaraan tiada kehilangan. 

Saya berikan tiga bersaudara karena kehidupan mereka seperti bersaudara. Walaupun fahamnya berbeda dan hati pun berbeda. orang menyatakan mengapa kalian bertiga berikan nama 3y begitu, tapi mereka mengatakan nostalgia saat SMA berbeda dengan kenangan lain yang dilakukan oleh orang lain.
Biar pun jahu kami bertiga bersaudara.

*) Penulis adalah mahasiswa asal tanah Papua, kuliah di Jogja

About yerino Madai

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.