Berita

SEKOLAH TINGGI PEMBANGUNAN MASYARAKAT DESA “APMD” MENGGELAR DISKUSI PUBLIK

apamd
YOGYAKARTA, Diskusi Publik diselenggarakan oleh STPMD “ APMD”, Program Studi Ilmu Pemerintahan. Dengan thema “Desa Membangun Indonesia” pada sabtu (23/06/2012) siang tadi, diskusi ini mulai pada pukul 09:00-12:30.

 Yang hadir dalam diskusi adalah 80-an orang, mulai dari Bupati Kulonprogo bapak, Dr.H.Hasto Wardoyo, Hj.Yuni Setia Rahayu,SS.Hum Wakil Bupati Sleman, Dosen-di berbagai Kampus dan Mahasiswa dari berbagai Kampus yang hadir dalam diskusi di ruang seminar STPMD”APMD” Yogyakarta.

Bupati Kulonprogo Yogyakarta sebagai pembicara, iya mengatakan, Kemandirian Ekonomi Kabupaten di seluruh Indonesia secara umum akan muncul ketika lembaga kemasyarakatan berjalan dengan baik, menurut PP 27 Tahun 2005 adalah lembaga yang dibentuk oleh masyarakat sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan merupakan mitra pemerintahan desa dalam memperdayakan masyarakat. 

Untuk memperkuat hal ini maka disini badan permusyawaratan desa menjalankan sesuai dengan fungsinya, karena badan permusyawaratan desa sesuai perda no1 tahun 2007, sebagai pembuat peraturan perundangan desa bersama pemerintah desa dan menjaring aspirasi warga desa katanya.

Tambahannya, lembaga kemasyarakatan desa di Kabupaten Kulonprogo, (LPMD, PKK, Karang taruna, RT, sesuai perda no:4/2010 dan perbub 44/2010). LPMD sebagai mitra pemerintahan desa dalam bidang pembangunan, PKK sebagai mitra pemberdayaan dan peningkatan kesejatrahan keluarga, Karang Taruna sebagi mitra dalam penanggulangi masalah kesejahteraan sosial dan pemuda, RT dan RW sebagai Membantu pemerintah Desa dalam bidang Pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Akhir kata, Jika kinerja diatas ini sesuai dengan efektif dan efisien maka terwujutlah pemerintah yang benar benar berangkat dari masyarakat dan terbentuklah kemandirian ekonomi masyarakat desa yang sebenarnya, (Yegema).

About yerino Madai

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.