Berita

NEWS DARI AUSTRALIA

Ditulis oleh Eben Kirksey Dan Di terjemahkan Oleh: Yohanis Yang Yong
ppp

Papua Barat adalah salah satu tempat yang paling sulit diakses di planet ini. Masih tetesan stabil wisatawan petualang sedang ditarik sana dengan gambar dataran tinggi memakai sarung penis dan burung cendrawasih. Dalam kata-kata Lonely Planet tempat ini memiliki mistik yang "piques imajinasi explorer ... Keragaman gaya hidup dan budaya masyarakat adat, yang berbicara lebih dari 250 bahasa, yang cocok hanya dengan keanekaragaman hayati [daerah] dan geografi. " Bagian dari mistik ini telah diciptakan oleh pemerintah Indonesia. Menurut situs kedutaan besar mereka di Washington DC, Papua Barat adalah salah satu "daerah di Indonesia bahwa warga negara asing tidak diperbolehkan untuk mengunjungi tanpa izin tertulis khusus dan persetujuan ... Pengunjung yang masuk wilayah ini terbatas tanpa izin dikenakan penangkapan, penahanan, dan akan dituntut menurut hukum Indonesia. "
Seorang pria dengan sarung penis dari dataran tinggi Papua Barat (Foto: Eben Kirksey)

Butuh waktu bertahun-tahun menulis surat dan membuat kunjungan berulang ke Kedutaan Indonesia di Washington, sebelum aplikasi saya untuk menjadi siswa pertukaran sarjana disetujui pada 1998. Minggu setelah menerima cap visa yang sangat didambakan, aku menemukan diriku di tengah demonstrasi damai di jalan-jalan Papua Barat. Saya menemukan suatu peristiwa yang pejabat pemerintah mencoba untuk bersembunyi. Empat belas tahun yang lalu hari ini - pada tanggal 6 Juli 1998 - saya adalah seorang pengamat pada pembantaian.

Protes ini dipimpin oleh Filep Karma, seorang pemimpin Papua yang ingin merdeka dari Indonesia. Sebagai serangan itu dimulai, Karma membangkitkan para pengikutnya, semua warga sipil tak bersenjata, dengan himne. Mereka berpegangan tangan, duduk dalam lingkaran, di bawah sebuah menara air di mana spanduk terlarang mereka, bendera Bintang Kejora, terbang. Selama serangan awal oleh polisi Indonesia, militer, dan pasukan angkatan laut, Karma ditembak dua kali - sekali pada setiap kaki - tetapi ia selamat insiden tersebut. Banyak dari para pengikutnya tidak begitu beruntung dan tewas seketika. Sebuah truk datang ke troli menghilangkan tubuh orang mati dan sekarat. "Aku menghitung lima belas orang pada beban pertama," kata seorang saksi mata saya. "Truk itu datang untuk kedua kalinya dan aku menghitung tujuh belas orang dalam. Ketika mereka membuka tempat tidur truk saya bisa melihat banyak darah, di dalam truk kecil ada banyak darah," [Dikutip dari Kirksey, Kebebasan di Dunia dilibatkan, 49 -50]. HAM peneliti tidak dapat menentukan apa yang terjadi pada orang tewas dan terluka yang diangkut dalam truk ini. Filep Karma, yang sekarang menjadi Amnesty International tahanan hati nurani, menceritakan tentang bagaimana untuk menemukan satu kuburan massal. Tapi, para arkeolog forensik belum mengunjungi situs ini.


Filep Karma (Foto oleh Eben Kirksey)
filep

Pada saat itu saya bersembunyi di Hotel Irian, sebuah bangunan era kolonial, dan aku mendengar tembakan senjata saat pasukan keamanan membunuh orang. Dari jendela hotel saya saya melihat Angkatan Laut kapal merapat di pelabuhan. Selamat dari serangan awal yang dimuat ke kapal-kapal, dibawa keluar untuk membuka laut, dan dibuang ke laut tenggelam. Satu kelompok menyelidiki insiden itu menyimpulkan bahwa "139 orang yang dimuat pada dua frigat yang menuju ke dua arah ke timur dan ke barat dan orang-orang ini jatuh ke laut," [Dikutip dalam Kirksey, Kebebasan di Dunia dilibatkan , 48]. Setidaknya 32 mayat yang membusuk kemudian terdampar. Elsham, sebuah organisasi hak asasi manusia pribumi, menghasilkan laporan 69-halaman dalam bahasa Indonesia tentang pembantaian berjudul "Nama Tanpa Graves, Graves Tanpa Nama." Laporan itu menyerukan penyelidikan internasional, tapi tidak ada sejak ditindaklanjuti.

Pejabat Indonesia secara rutin menghalangi penelitian hak asasi manusia di Papua Barat. Amnesty International peneliti diusir dari Papua Barat pada tahun 2002 sementara menyelidiki pembantaian yang terpisah. PBB Pelapor Khusus untuk ekstra judisial, resume, atau Eksekusi Semena-mena resmi meminta untuk mengunjungi Papua Barat pada tahun 1994. Permintaan ini ditolak. Pada tahun 2004 pemerintah juga menolak tindak lanjut permintaan Pelapor untuk berkunjung ke Indonesia. Bahkan Komite Internasional Palang Merah, sebuah organisasi moderat yang terkenal karena negosiasi akses ke daerah wartorn, telah dilarang.

Daripada menunggu sia-sia bantuan dari bantuan, di luar yang mungkin tidak pernah tiba, banyak orang Papua yang melakukan pekerjaan hak asasi manusia sendiri. Aktivis Adat menggunakan internet beredar video dalam 2010that menunjukkan penyiksaan brutal dan pembunuhan seorang warga desa dataran tinggi. November lalu, ketika ribuan orang Papua Barat berkumpul untuk mendeklarasikan kemerdekaan dalam Kongres damai, hak asasi manusia lokal peneliti menggunakan ponsel mereka untuk memberikan update real-time dan mengirim rekaman video di luar negeri. Tindakan berani di tanah oleh para aktivis membantu mencegah pembantaian pada skala yang saya saksikan di tahun 1998. November lalu, pihak berwenang Indonesia tahu bahwa para pemimpin internasional berpengaruh sedang menonton dari jauh.

Pembunuhan di Papua Barat akhir-akhir ini telah menjadi lebih sering, misterius, dan sewenang-wenang. Dalam serangkaian penembakan yang tampaknya membingungkan aparat pemda dan peneliti, setidaknya 19 orang tewas dalam beberapa pekan terakhir. [Baca account dari Jakarta Post pada 7/2/12, 7/3/12 dan 7/5/12.] Lebih banyak lagi, termasuk seorang turis Jerman, telah menderita luka peluru. Satu pemimpin Papua, Mako Tabuni, mengadakan konferensi pers pada 13 Juni di mana ia secara terbuka meminta polisi untuk sampai ke bagian bawah penembakan. "Hanya satu media lokal outlet, papuapos.com, berani melaporkan dalam konferensi pers," menurut pembaruan aFacebook oleh Octovianus Mote, Hak Asasi Manusia Senior Fellow di Yale Law School yang berasal dari dataran tinggi Papua Barat. "Mungkin Mako tidak mendapatkan kesempatan untuk membaca berita," lanjut pos Facebook, "karena diterbitkan paginya bahwa petugas polisi berseragam datang ke rumahnya dan membunuhnya."

Mako Tabuni (Foto: Facebook)
mako

"Pembunuhan Mr Tabuni merupakan pelanggaran yang jelas tentang prinsip-prinsip internasional hukum hak asasi manusia," tulis Fransiskan International dalam tuduhan resmi kepada PBB bulan lalu. "Ini adalah contoh jelas dari sebuah pembunuhan yang ditargetkan." Sebagai organisasi internasional menarik perhatian berlangsungnya pelanggaran HAM, akses ke wilayah tersebut menjadi semakin sulit. Pemerintah Indonesia baru-baru ini meminta agar Scott Marciel, Duta Besar Amerika Serikat, menjadwal ulang perjalanan yang direncanakan ke Papua Barat. Menanggapi permintaan saya tentang perjalanan ini dibatalkan AS Negara Juru Bicara Departemen mengatakan:


Dubes Marciel tidak dapat segera menjadwal ulang kunjungannya ... [Dan] berkomitmen untuk penjadwalan kembali perjalanannya ke Papua sesegera mungkin. Keterbatasan akses terhadap Papua oleh para pejabat pemerintah asing, personil LSM dan wartawan memberi makan kecurigaan masyarakat internasional tentang tindakan pemerintah di daerah tersebut. Kami mendorong pemerintah Indonesia untuk mengambil ini menjadi pertimbangan ketika meninjau permintaan perjalanan. Pemerintah AS mengutuk kekerasan terakhir di Papua dan mendesak pemerintah Indonesia untuk melakukan investigasi penuh dan transparan ke dalam insiden dan tuduhan kekerasan yang berlebihan di pihak pasukan keamanan.

Spektakuler kekerasan oleh pasukan keamanan Indonesia yang telah lama tersembunyi di Papua Barat. Tapi, taktik lama teror tidak lagi bekerja. Smartphone dan media sosial yang memungkinkan para pemimpin pribumi cerdas untuk menjangkau sekutu luar negeri dan untuk menyebarkan harapan berani di antara sebangsa mereka di rumah.

Sementara panduan wisata berniat piquing imajinasi penjelajah masih melukis gambar orang Papua dengan sikat eksotis, aktivis adat tenang merumuskan impian mereka sendiri imajinatif. Papua yang membayangkan perubahan besar pada cakrawala masa depan. Mereka membayangkan mengakhiri pendudukan militer saat ini, era baru keadilan dan kebebasan. Menonton perkembangan terakhir dari jauh, saya sudah mulai mengharapkan yang tak terduga. Wisatawan pemberani yang bersedia memasang dengan bulan kebosanan birokrasi, atau yang berani menentang kebijakan visa yang tidak adil, tentu memiliki kesempatan untuk belajar tentang visi asli mengejutkan.

Eben Kirksey meraih gelar Ph.D. dari University of California-Santa Cruz dan saat ini Fellow Mellon di CUNY Graduate Center di New York City. Buku pertamanya, Kebebasan di Dunia dilibatkan: Papua Barat dan Arsitektur Global Power, diterbitkan pada bulan April 2012 oleh Duke University Press. 

(Australia News).

About yerino Madai

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.